[Review] The Strange Case of Dr. Jekyll and Mr. Hyde – Robert Louis Stevenson

 

dr-jekyll-and-mr-hyde

 

Judul: The Strange Case of Dr. Jekyll and Mr. Hyde

Penulis: Robert Louis Stevenson

Penerjemah: Julanda Tantani

Tebal: 128 halaman

Tahun terbit: 2011

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

 

Dalam usaha mencari jati dirinya, Dr. Henry Jekyll yang cemerlang justru menemukan monster. Dia berhasil memisahkan sisi baik dan sisi buruk dirinya, namun ketika sisi buruk itu mulai menguasainya, Dr. Jekyll menyadari bahwa dia tak mungkin terus menjalani kehidupan gandanya.

Kisah klasik yang mendebarkan ini merupakan kajian tentang dualitas sifat manusia, dan melalui karyanya ini Robert Louis Stevenson kian memantapkan reputasinya sebagai pengarang.

“… dalam hal meninggalnya Henry Jekyll, maka semua harta miliknya akan diwariskan kepada “teman dan pelindungnya Edward Hyde”; tetapi juga dalam hal apabila Dr. Jekyll menghilang atau tidak bisa dijelaskan ketidakberadaannya selama jangka waktu apa pun yang melebihi tiga bulan kalender…”

Sebagai seorang pengacara, Mr. Utterson dipercayai oleh Dr. Henry Jekyll untuk mengurus masalah warisannya ketika ia meninggal. Namun ada yang janggal, Dr. Jekyll malah memberikan warisannya kepada pria keji bernama Edward Hyde. Pria yang baru-baru ini diketahui Mr. Utterson sebagai teman dari Dr. Jekyll. Ia tak begitu mengenal baik Hyde, namun dari beberapa orang yang dikenalnya Hyde adalah pria misterius yang jahat. Saking penasarannya dengan Hyde, Mr. Utterson pun menyelidiki Hyde demi membongkar hubungan Dr. Jekyll dan Mr. Hyde yang sebenarnya.

Membaca novel ini menyadarkan kita bahwa manusia memang memiliki dua sisi yang saling bertolak belakang—baik dan buruk. Namun sesungguhnya dua sisi ini pada dasarnya beriringan, yang mana dalam diri manusia tentu memiliki sisi baik dan sisi buruk. Yang mengerikan dari dua sifat yang berbeda ini adalah ketika seseorang tak sanggup mengendalikan dirinya.

Novel setebal 128 halaman ini akan membawa Anda menyibak misteri yang disembunyikan Dr. Jekyll tentang pria misterius bernama Edward Hyde.

Kediri, 5 Februari 2016

with love, EMF

 

Tagged: ,

Leave a comment