[Review] Oon in Action – Aniqotuz Zahro

 

Judul: Oon in Action

Penulis: Aniqotuz Zahro

Tebal: 304 halaman

Tahun terbit: 2017

Penerbit: Penerbit Ikon

 

Dia cinta pertamaku. Dia cinta masa kecilku.

Dia cinta gilaku. Dia kedipan mataku.

Dia cinta monyetku. Dan dia adalah cintaku selamanya. Dia dulu dekat, tapi selalu menjauh. Kini dia dekat, tapi terasa jauh.

Dulu dia tampan, sekarang dia jauh lebih tampan. Dulu dia songong, sekarang dia semakin songong. Dulu dia menolakku, sekarang pun juga. Dulu aku tidak pernah menyerah untuk mendekatinya, sekarang pun sama.

Menjinakkannya itu lebih susah daripada menjinakkan singa yang mengamuk.

Tapi aku tidak akan pernah menyerah.

Itu…

Dia… .

***

“Kak Melvin lucu deh!” Aku terus mengejarnya.

Dia pun mulai ketakutan

.

.

.

“Kalau boleh milih, Oon juga enggak bakalan mau suka sama kak Melvin yang nyebelin, songong, galak, judes, enggak bisa senyum, dan nyebelin. Tapi yang namanya suka, siapa sih, yang bisa mencegahnya?

Kak Melvin nyebelin! Banget! Banget! Bangeeet! Oon sebel!” (P.88)

 

 

Nama panjangnya Oninda Mely Rahardita. Panggilannya Oon, tapi siapa sangka otaknya cerdas luar biasa. Tak ada satupun mata pelajaran yang Oon tak bisa. Semuanya pasti mendapat nilai 100. Karena waktu kecil Oon tak bisa menyebut nama lengkapnya, maka ia menyingkat namanya sendiri menjadi Oon. Ketika kecil pasti terdengar lucu, namun ketika dewasa Oon mati-matian merahasiakan nama panggilannya di depan teman-temannya. Sampai seorang guru pengganti memanggilnya dengan nama Oon di depan teman-temannya.

Oon sendiri tak menyangka Kak Melvin yang ia cintai sedari kecil menjadi guru pengganti matematika di sekolahnya. Bertahun-tahun Oninda hanya mencintai Kak Melvin dan berusaha mendekatinya. Namun yang terjadi malah Kak Melvin ketakutan setiap kali Oninda berusaha untuk mengejarnya.

Kesempatan kali ini pun tak akan disia-siakan oleh Oninda. Kak Melvin kini bergitu dekat dengannya. Oninda akan  kembali mengejar cinta kak Melvinnya.

“Oninda…,” panggil kak Melvin. “Oninda?”

Kak Melvin memanggil namaku! Suaranya sangat merdu. Tambah naksir kan jadinya kalau begini. Aku sangat suka mendengar suaranya ketika memanggil namaku.

“Oninda Meily…,” panggilnya lagi.

Iya kak, itu namaku. Panggil terus aja, hafalin. Biar nanti engga lupa saat ijab kabul. (P. 25)

Akhir-akhir ini banyak sekali novel wattpad yang diterbitkan oleh penerbit mayor maupun minor. Pernah terpikir untuk membaca novel-novel yang di publish di wattpad tapi saya tidak tahu novel mana yang bagus untuk dibaca. Sampai akhirnya saya memutuskan untuk membaca novel ini. Saat pertama kali memposting foto buku ini di instagram, beberapa teman saya langsung bertanya apakah novel ini adalah novel yang pernah di publish di wattpad. Ternyata banyak sekali pembaca wattpad yang telah membaca novel ini sebelum resmi di terbitkan.

Tak heran ketika mengetahui novel ini begitu popular, karena memang ceritanya bagus dan gaya penulis bercerita begitu menarik. Saya berkali-kali dibuat terkikik geli dengan tingkah Oon dalam mengejar cinta Kak Melvin. Oon yang ekspresif dan penuh semangat untuk mendapatkan hati Kak Melvin membuat saya jatuh cinta dengan karakter Oon.

“Namanya juga cinta. Cinta memang enggak pernah mudah. Jalan buat mendapatkannya panjang banget. Lika-likunya juga ada-ada saja. Tapi, santai. Aku masih kuat, kok.” (P.191)

Selain punya cerita yang bagus, novel ini juga memiliki kemasan yang menarik. Covernya lucu sekali dengan gambar dua anak kecil yang saya yakini adalah Oon dan kak Melvin semasa kecil. Bookmarknya juga keren sekali, bentuknya lucu sehingga bisa diselipkan di antara lembaran novel.

Secara keseluruhan, Oon in Action adalah novel yang ringan dan menyegarkan. Ketika sedang banyak tugas sekolah ataupun kuliah, ketika sedang ada masalah, atau sedang bingung mau baca apa, novel ini sangat saya rekomendasikan. Novel yang bisa membuat kamu senyum-senyum sendiri dan tertawa ketika membacanya.

 

 

Yogyakarta, 5 Mei 2017

with love, EMF

Tagged: ,

Leave a comment