[Book Review] 3 Tahun – Anton Chekov

Penulis: Anton Chekov

Judul: 3 Tahun

Penerbit: Bentang Pustaka

Jumlah halaman: 164 halaman

Apakah inti dari pernikahan? Bagi Yulia Sergeyevna inti pernikahan bukanlah cinta sebab ia menikah dengan suaminya, Alexei Fyodorovich tanpa ada perasaan cinta.

Alexei bertemu dengan Yulia saat menjenguk kakaknya, Nina, yang sedang menjalani perawatan kanker. Yulia adalah anak dari dokter yang merawat Nina. Alexei pun jatuh cinta padanya dan tanpa menunggu lama ia melamar gadis muda itu. Awalnya Yulia menolak lamaran Alexei karena ia tak menarik bagi Yulia, namun gadis itu menjadi bimbang dan tak tenang setelah menolak lamaran dari pria pandai, baik dan kaya raya tersebut. Setelah berpikir panjang, Yulia pun memutuskan untuk menikah dengan Alexei dan mereka pun pindah ke Moscow.

Konflik yang ada pada buku ini seputar kehidupan pernikahan yang Alexei dan Yulia jalani tanpa cinta. Diselingi cerita tentang saudara-saudara Alexei dan membahas perkembangan masyarakat Rusia pada tahun 1880-an tentang munculnya kelas pekerja, pedagang dan pemilik pabrik.

Novel ini ditulis oleh sastrawan realis Rusia, Anton Chekov dan diterjemahkan oleh sastrawan legendaris Indonesia, Sapardi Djoko Damono.

Tagged: , , ,

Leave a comment