20 Bookish Facts About Me

Final Banner

Akhir-akhir ini aku sering sekali melihat tentang tantangan menulis 20 Bookish Facts About Me yang bersliweran di blog maupun Instagram. Awalnya nggak ngerti maksudnya apa? Tapi beberapa hari yang lalu akhirnya aku mengerti mengapa penggemar buku banyak yang membuat 20 fakta tentang diri sendiri terkait dengan kegemaran mereka suka membaca buku. Jadi, 20 Bookish Facts About Me adalah tantangan yang ditujukan kepada seluruh penggemar buku untuk menuliskan 20 fakta kegilaan mereka terhadap buku. 

Aku juga ingin ikutan tantangan seru ini. Yuk, langsung saja simak, 20 Bookish Facts About Me:

  1. Aku mulai suka membaca dari umur 5 tahun. Awalnya karena terpaksa harus bisa membaca, lama-lama aku mulai menikmati kegiatan membaca.
  2. Harry Potter series adalah novel pertama yang membuat aku suka membaca novel hingga saat ini.
  3. Genre favoritku adalah romance, aku paling suka baca novel-novel yang bertemakan percintaan.
  4. Aku kurang suka teen-lit, menurutku percintaan ala anak remaja bukan bacaan yang aku nikmati. Bahkan ketika masih remaja aku sudah kurang suka dengan bacaan teen-lit.
  5. Selain romance aku suka novel-novel tentang kehidupan, novel religi, dan novel fantasi.
  6. Aku juga suka baca buku-buku tentang motivasi, buatku buku motivasi seperti sumber inspirasi dan banyak pelajaran yang bisa diambil untuk perbaikan diri.
  7. Bacaanku semasa SD adalah buku-buku pelajaran, dan aku paling suka membaca buku bahasa Indonesia karena terdapat cerita pendek di dalamnya. Selain buku pelajaran, aku juga baca majalah Bobo dan komik.
  8. Memasuki masa SMP aku mulai meminjam novel dari teman.
  9. Ketika SMA, aku meminjam novel dari teman dan perpustakaan sekolah.
  10. Aku mulai mengoleksi novel sejak di bangku kuliah, karena orang tuaku kurang suka kalau aku menghabiskan uang untuk membeli komik atau novel. Makanya setelah kuliah di luar kota dan jauh dari orang tua aku baru bisa mengoleksi novel.
  11. Novel yang ada di rak bukuku, 75% aku dapatkan dari hadiah mengikuti pelatihan menulis, lomba menulis di blog, dan giveaway dari blogtour. 25%nya aku beli sendiri dengan uangku.
  12. Budget untuk membeli buku sekitar 50-300ribu perbulan. Tergantung kebutuhanku sebulan sedang banyak atau sedikit. *Maklumlah anak kos* XD
  13. Aku suka beli novel second untuk novel-novel yang susah aku dapatkan dan harganya terlalu mahal untuk membelinya yang baru.
  14. Sampai sekarang aku nggak pernah bilang ke orang tua kalau aku beli novel bahkan menghabiskan beratus-ratus ribu. Kalau orang tuaku lihat banyak novel di rak buku, aku cuma bilang kalau itu hadiah dari kuis. XD *duh*
  15. Aku suka ngereview novel setelah aku membacanya, buatku mereview novel adalah bentuk apresiasiku sebagai pembaca terhadap karya para penulis.
  16. Aku paling kesal kalau ada yang minjam buku tapi balikinnya lama banget, bahkan sampe berbulan-bulan dan nggak ada inisiatif untuk mengembalikan. Menurutku itu tindakan yang nggak tahu diri. Sudah seharusnya, kan, meminjam barang orang lain itu tidak terlalu lama.
  17. Buku-buku di kamarku seperti barang berharga yang aku rawat dan istimewakan. Makanya aku rajin nyampul buku supaya covernya nggak kusut.
  18. Aku nggak pernah baca ulang novel yang aku punya.
  19. Aku kurang menikmati membaca ebook, makanya aku lebih suka novel fisik dari pada ebook.
  20. Aku membaca novel karena aku juga ingin menjadi seorang novelis dikemudian hari.

Yup, itu dia 20 Bookish Facts About Me. Aku suka sekali membaca dan sangat mencintai buku. Suatu hari nanti aku harap punya perpustakaan kecil di dalam satu ruangan membaca di dalam rumahku. ^^

Serang, 30 Januari 2016

With love, EMF

Diikutsertakan untuk #20BookishFactsAboutMeGA

Final Bannerl

Tagged: ,

Leave a comment